Cari Blog Ini

Jumat, 16 Desember 2011

CABUT ANGIN

Angin.......
Kalau BESAR dapat menyebabkan musibah tetapi kalau cuma kecil bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Nah.. sekarang gimana kalau angin ada didalam tubuh kita..??
wah kalau bisa yang satu ini jangan deh temen-temen.. soalnya bisa jadi penyakit bro...
Biasanya kondisi yang seperti diatas disebut Masuk Angin..
Masuk angin bisa menyebabkan tubuh kita tidak enak badan, meriang, demam, pusing, pilek dan lain sebagainya.
Selain masuk angin kita juga sering mendengar istilah "angin duduk".
Tapi bukan angin yang suka duduk-duduk lo...
Kata orang angin duduk lebih banyak diderita orang yang memiliki penyakit maag karena tingginya asam lambung dalam perutnya, asam lambung ini dapat membuat gas yang sifatnya menekan syaraf… dan perlu diketahui bahwa lambung kita memiliki syaraf dimana2 dan yang paling dekat adalah paru-paru dan jantung. Kondisi ini terjadi apabila kita telat makan, atau banyak terpapar angin sedangkan pada saat itu asam lambung kita sedang naik.
Pusar kita (Pusat) memiliki syaraf yang berdekatan dengan lambung, sehingga ia lebih mudah menerima perubahan suhu sehingga apabila suhunya dingin maka pusar kita akan merespon dingin tersebut dan menyebabkan asam lambung kita meningkat.
Konon katanya istilah Angin Duduk ini bermula karena banyak pemancing di laut yang mati mendadak karena serangan ini. Posisi mancingnya kan duduk, sedangkan angin laut kan kencang banget… sehingga suhu tubuh menjadi dingin dan pada saat itu pemancing yang memang sudah memiliki penyakit maag tanpa ia sadari lambungnya sedang mengeluarkan gas asam lambung mematikan yang menekan syaraf jantungnya secara mendadak. Nah dalam posisi duduk ini mempercepat penekanan gas asam lambung menuju jantung. Jadi dapat diartikan bahwa serangan angin duduk ini tidak harus dialami orang yang memiliki penyakit jantung sebelumnya.
Didaerah saya angin ini sangat dikenal dan sering menyebabkan kondisi yang biasa disebut "Menyamak" yaitu suatu kondisi dimana bagian tubuh (biasanya dada atau punggung) terasa sangat nyeri secara tiba-tiba. Nah kondisi ini biasanya sangat ditakuti karena bisa membawa umur bro..!!
Umumnya angin duduk cukup sulit diobati, apalagi cuma dengan minum obat-obatan. Angin duduk juga dilarang untuk dipijat. Biasanya orang berobat dengan cara dikerok, bekam, dan "Cabut Angin". Kalau saya sih paling males dikerok karena rasanya sakit dan punggung jadi pada merah semua.
Bekam juga agak takut soalnya mesti ada darah-darah disana sini sih.... :)
Nah.. kalau cabut angin saya berani...... he..he..he...

Ada beberapa cara cabut angin dan rata-rata yang pernah saya denger semuanya suaaakiii..t sekali.
Tapi kebetulan sekali ada orang yang mampu melakukan cabut dengan dengan cara yang sangat unik dan yang terpenting tidak sakit sama sekali. Adalah seorang Bapak yang berumur kurang lebih 50 tahun-an memiliki kelebihan untuk mencabut angin dari tubuh kita. Cara cabut angin nya dengan menggunakan media Daun sirsak / nangka Belanda yang diberi kapur sirih. Setelah Beliau bacakan doa, daun tersebut ditempelkan dipunggung kita dan kemudian digeser kekanan, kekiri, keatas dan kebawah. Jika terdeteksi ada angin duduk, maka daun tersebut akan menempel kuat dikulit kita. Setelah itu Bapak tadi akan menarik/mencabut daun yang menempel tadi, dan jika daun tadi sudah lepas berarti angin sudah dicabut/dikeluarkan.
Demikian seterusnya sampai seluruh angin ditubuh dikeluarkan barulah Beliau berhenti (biasanya menghabiskan beberapa lembar daun). Pengalaman saya sewaktu dicabut angin dengan beliau, saya menghabiskan sedikitnya sepuluh lembar daun sirsak. Pada awalnya saya kurang begitu yakin, tetapi setelah beberapa hari saya dicabut angin dengan beliau, ternyata Alhamdulillah batuk-batuk dan nyeri didada saya sudah tidak terasa lagi.
Nah kalau temen-temen mau tau alamat lengkapnya bisa diDonlot disini...
Ok kayanya sekian dulu tulisan saya.. Semoga bisa bermanfaat dan Mohon maaf juga kalau ada sesuatu yang salah dan kurang dimengerti...
Mohon jangan lupa tinggalkan komentar ya....
Terima kasih.....

9 komentar:

  1. bisa tau dimana tempatnya..??

    BalasHapus
  2. alamatnya bisa didownload di link diAtas

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamatnya dimana pak? saya butuh alamat lengkapnya terimakasih

      Hapus
    2. di Jalan desa Tunggul Irang, belakang Pasar Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

      Hapus
    3. Pak kalau di bogor atau jakarta ada ngga ya? Sy perlu sekali cabut angin pak

      Hapus
    4. Kebetulan Kalau di daerah Bogor atau Jakarta saya belum tau Lokasi orang yang bisa cabut angin Gan...
      Maaf ya...

      Hapus
  3. kalau daerah banjar z adalah p tau gan

    BalasHapus
  4. intangan mana dimartapura nya tu bos? setengah bulan dah nah kd tahan lalu awak. menyamak dipinggang nih... belakang pasar martapura dimananya yo? lwn kalau dibanjar ada kah bos yang tau? bls ke 081257236016

    BalasHapus
  5. Kalo di daerah samarinda tau gak yaa gan

    BalasHapus

Entri Populer