Cari Blog Ini

Senin, 26 Desember 2011

Asyiknya Berkebun Buah Naga


Temen-temen... Pada tau ga sama yang namanya Buah Naga..??
Pasti sudah banyak  yang tau ya.. itu lo.. Buah yang bentuknya agak aneh, warnanya merah dan rasanya manis. Kira-kira kenapa ya disebut orang "Buah Naga"..?? Menurut berbagai sumber, pada zaman dahulu buah ini sering diletakkan diantara patung-patung Naga oleh orang Cina karena dianggap membawa berkah... Dari sinilah timbul istilah buah naga. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah naga kaya akan manfaat. Banyak orang percaya buah ini dapat menurunkan kolesterol dan penyeimbang gula darah. Belum ada penelitian tentang manfaat buah ini, namun karena asalnya dari jenis buah kaktus dipercaya buah naga mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium, dan karbohidrat. Buah naga mengandung serat yang tinggi sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan.
Morfologi tanaman buah naga terdiri dari akar, batang, duri, bunga, dan buah. Akar buah naga hanyalah akar serabut yang berkembang dalam tanah pada batang atas sebagai akar gantung. Akar tumbuh di sepanjang batang pada bagian punggung sirip di sudut batang. Pada bagian duri, akan tumbuh bunga yang bentuknya mirip bunga Wijayakusuma. Bunga yang tidak rontok berkembang menjadi buah. Buah naga bentuknya bulat agak lonjong seukuran dengan buah alpukat. Kulit buahnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih dan merah, berwarna merah gelap untuk buah naga hitam, dan berwarna kuning untuk buah naga kuning. Di sekujur kulit dipenuhi dengan jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan sisik naga. Oleh sebab itu, buah ini disebut buah naga.
Batangnya berbentuk segitiga, durinya sangat pendek dan tidak mencolok, sehingga sering dianggap "kaktus tak berduri". Bunganya mekar pada awal senja jika kuncup bunga sudah berukuran sekitar 30 cm. Mahkota bunga bagian luar yang berwarna krem, mekar sekitar pukul sembilan malam, lalu disusul mahkota bagian dalam yang putih bersih, meliputi sejumlah benang sari yang berwarna kuning. Bunga seperti corong itu akhirnya terbuka penuh pada tengah malam, karena itu buah naga dikenal sebagai night blooming cereus. Saat mekar penuh, buah naga menyebar bau yang harum. Aroma ini untuk memikat kelelawar, agar menyerbuki bunga buah naga.
Tempo hari saya berkunjung ke kebun buah naga yang sedang berbunga, wah... bener-bener harum banget lo baunya.. Bunganya juga terlihat bagus banget, bagi yang gemar bertanam bunga, kayanya tanaman buah naga bisa cocok juga dijadikan koleksinya. Kalo ga percaya liat aja gambar-gambarnya dibawah ini.
 
 Pohon Buah Naga Yang Sedang Berbunga
Petani Buah Naga Memperlihatkan Bunga Yang Mekar
  
Anak-Anak Juga menyukai Bunga Buah Naga


Nah.. gimana teman-teman..?? Bagus kan bunganya..?? Selain bunganya bagus dan indah, buah yang sedang masak juga akan terlihat indah juga. Coba cek gambar dibawah ini..


Petani Buah Naga memperlihatkan Buah Naga Merah yang sudah Masak

Gimana teman-teman..?? tertarik untuk berkebun buah naga..??  Dicoba aja ya.. ga ada salahnya ko'...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer