Cari Blog Ini

Selasa, 24 Januari 2012

Inilah Bus Umum Berkapasitas 300 Orang



Selama ini, barangkali hanya kereta api dan pesawat terbang yang menjadi moda transportasi berukuran besar dan mampu menampung banyak orang. Apalagi dengan jalur perjalanan yang dibuat khusus, menjadikan kedua kendaraan itu primadona bagi banyak orang. Selain tarif yang makin terjangkau, sampainya pun cepat.
Namun, beda cerita lagi dengan di China. Lantaran jumlah penduduk negara ini sangat besar dan perlu moda transportasi yang juga banyak, diciptakanlah angkutan darat berupa bus jumbo. Saking jumbonya kendaraan ini, di dalamnya mampu menampung 300 orang sekaligus dalam sekali jalan. Perlu Anda tahu, saat ini Pemerintah China harus mampu memenuhi kebutuhan transportasi massal untuk 1,3 miliar warganya. Dan, bis ini baru sebagian langkah yang dilakukan.
Bus jumbo ini dinamakan Youngman JNP6250G. Agar lebih mudah Anda bayangkan, ada kesamaan model bus ini dengan bus panjang Transjakarta. Bus Youngman punya tiga bagian. Tiap bagian terdapat engsel berbentuk seperti alat musik akordion yang memudahkannya berbelok. Panjangnya saja mencapai 24,9 meter.
Seperti dikutip National Geographic, panjang ini kalau menurut aturan di AS sudah cukup membahayakan. Kendaraan akan kesulitan berbelok. Normalnya, kendaraan sebaiknya punya panjang kurang dari 19,5 meter demi alasan keselamatan.
Rencananya, Pemerintah China akan melaunching transportasi massal ini di Beijing dan Hangzhou. Kedua kota tersebut seperti Jakarta yang tiap hari macet dan penuh polusi.

Sumber : Sidomi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer